Rancangan Aplikasi Rumah Makan Berbasis Dekstop menggunakan Java Neatbeans 7.0
1.1 Latar Belakang
Kemajuan
teknologi menuntut sagala
sesuatu pekerjaan manusia
yang masih manual
dan kurang efisien
dapat di lakukan dengan teknologi
yang maju pula Pekerjaan yang
dilakukan secara manual sebaiknya lebih ditingkatkan
lagi menggunakan
sistem komputerisasi. Sistem
komputerisasi tersebut dapat membantu
mempercepat menyelesaikan pekerjaan
yang semula masih dilakukan secara
manual. Sistem manual
dapat dicontohkan pada RM. Pak Gendut II. Rumah makan yang masih menggunakan sistem manual kurang efektif
dalam proses kerjanya.
RM makan Pak Gendut II
adalah Rumah Makan yang menjual bermacam-macam makana siap saji. RM makan Pak
Gendut II merupakan salah satu Rumah makan yang proses jual
belinya masih menggunakan
sistem manual. Pada
proses penjualan makanan biasanya masih
ditulis pada buku
penjualan atau nota
saja. Pada proses mengetahui harga jual yang ada di menu makanan yang di pilih. Oleh karena itu perlu dibuat sistem Aplikasi Penjualan
makan Pada RM. Pak Gendut II dengan
menggunakan komputerisasi.
Di era teknologi yang canggih ini manusia ingin dapat
teknologi yang dapat di andalkan dalam melakukan transaksi penjualan ,
teknonogi tersebut adalah komputer , semakin hari teknologi komputer semakin
canggih maka dari itu dengan
berkembanganya teknologi yang ada pada saat ini komputer dapat di manfatkan
untuk berbagai aplikasi, NetBeans IDE 7.2 , dengan adanya aplikasi berbasis java netbeans semoga
dapat bertujuan meningkatkan kulitas pelayanan penjulan yang lebih efektif dan
efesin pada rumah makan Pak Gendut II.
Sistem aplikasi yang dibuat agar
dapat membantu mempercepat
proses penyelesaian pekerjaan.
Pada proses penjualan, pembuatan nota sudah otomatis, sehingga tidak perlu ditulis
pada buku. Pengecekan
hasil penjualan dapat diketahui
dengan cepat tanpa
harus mengecek satu per satu. Dengan demikian sistem dapat meningkatkan kinerja
RM. Pak Gendut II.
1.2 Identifikasi Masalah
Berdasrkan latar
belakang diatas , masalah yang penulis
temukan adalah :
1. kondisi
pelayana dalam melakukan teransaksi masi di lakukan secara manual ?
1.3 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang masalah tersebut
di atas maka
dapat dirumuskan:
1.
Bagaimana
Rancangan
Tampilan Sistem Aplikasi Penjualan Di RM. Pak Gendut II.
2.
Bagaimana Racangan Pengebangan Sitem Yang Di Gunakan ?
1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan dari metode penelitian ini
adalah:
Membuat Tampilan
rancangan Aplikasi penjualan maknan pada RM. Pak Gendut II.
1.5 Manfaat Penelitian
Manfaat dari penyusunan metode penelitian ini adalah
sebagai berikut:
Sistem
informasi penjualan makanan ini
diharapkan mempermudah
peroses penjualan , serta mempermudah pembuatan laporan
penjualan ,
serta dapat mengubah sistem manual menjadi komputerisasi
.
1.5 Kerangka Pemikiran
Problem
|
Transaksi di lakukan secara manual
|
Approach
|
Menggunakan netbeans
IDE 7.2
|
Softwere
Development
|
||
UML
Specification &design
|
Java Enterprise Edition
|
MySql SQL (Structrued Query Language)
|
Softwere
Impementation
|
||
Penginputan transaksi penjualan
|
Penyimpanan data ke data base
|
Laporan transakasi penjualan
|
Result
|
Sistem aplikasi
penjualan pada RM. PAK GENDUT II
terbukti mendukung peroses transaksi penjualan
|
Dari kerangka pemikiran tersebut dapa t diuraikan demi proses dengan
rincian sebagai berikut :
1.
Permasalahan
( Problem ), permasalah yang diteliti adalah sistem aplikasi penjualan yang ada
pada RM. PAK GENDUT II masih kurang efektif, karna transaksi penjualannya masih
manual.
2.
Pendekatan
( Approach ), pendekatan yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut
adalah dengan menggunakan netbeans IDE 7.2.
3.
Pengembangan
aplikasi ( Software Development ), digunakan sebagai alat bantu untuk membuat
aplikasi yang dapat meningkatkan kinerja dari aplikasi penjualan makanan.
4.
Implementasi
( Implementation ), untuk mengimplementasikan aplikasi yang sudah dibuat kepada
sistem penjualan makanan.
5.
Hasil
( Result ), untuk melihat hasil akhir rangkaian proses penelitian dan tujuan
akhir yang dicapai yaitu untuk membantu meningkatkan aktivitas transaksi
penjualan
BAB IV
ANALISA DAN
PEMBAHASAN
4.1 Sejarah singakat
Rumah Makan Pak Gendut II
Rumah
Makan Pak Gendut II terletak di bandar lampung yang memiliiki sistem penjualan
masih manual dalam melakukan transaksi penjualan. Dalam hal ini peneliti ingin
melakukan analisa dan rancangan dalam melakukan transaksi penjualan pada Rumah
makan Pak Gendut II yang masih menggunakan sistem manual dan peneliti ingin
melakukan transaksi secara komputerisasi
4.2 Analisa
Berdasarkan data-data yang di di
dapat dalam penelitian ini , maka di peroleh beberapa tampilan sistem/softwere
yang di buat oleh peneliti untuk di racang ke depanya .
1.
Tampilan Transaksi Penjualan Pada Menu Makan.
2.
Tampilan Transaksi Penjualan Pada Menu Minuman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar