Kamis, 11 Februari 2016

Metodelogi penelitian Analisa perancangan Aplikasi Rumah makan Menggunakan Java NeatBeans Berbasis Dekstop.


Rancangan Aplikasi Rumah Makan Berbasis Dekstop menggunakan Java Neatbeans 7.0

1.1              Latar Belakang

Kemajuan  teknologi  menuntut  sagala  sesuatu  pekerjaan  manusia  yang masih manual  dan  kurang  efisien  dapat  di lakukan  dengan  teknologi  yang maju pula Pekerjaan  yang dilakukan secara manual sebaiknya  lebih ditingkatkan lagi menggunakan  sistem  komputerisasi.  Sistem  komputerisasi  tersebut  dapat membantu  mempercepat menyelesaikan pekerjaan  yang semula masih dilakukan secara  manual.  Sistem  manual  dapat  dicontohkan  pada  RM. Pak Gendut II.  Rumah makan   yang  masih menggunakan sistem manual kurang efektif dalam proses kerjanya.

            RM makan Pak Gendut II adalah Rumah Makan yang menjual bermacam-macam makana siap saji. RM makan Pak Gendut II merupakan salah satu Rumah makan yang proses jual  belinya  masih  menggunakan  sistem  manual.  Pada  proses  penjualan  makanan biasanya  masih  ditulis  pada  buku    penjualan  atau  nota  saja.  Pada  proses mengetahui harga jual yang ada di menu makanan yang di pilih. Oleh karena itu perlu dibuat sistem Aplikasi Penjualan makan Pada RM. Pak Gendut II dengan  menggunakan komputerisasi.

            Di era teknologi yang canggih ini manusia ingin dapat teknologi yang dapat di andalkan dalam melakukan transaksi penjualan , teknonogi tersebut adalah komputer , semakin hari teknologi komputer semakin canggih  maka dari itu dengan berkembanganya teknologi yang ada pada saat ini komputer dapat di manfatkan untuk berbagai aplikasi,  NetBeans  IDE  7.2  , dengan adanya aplikasi berbasis java netbeans semoga dapat bertujuan meningkatkan kulitas pelayanan penjulan yang lebih efektif dan efesin pada rumah makan Pak  Gendut II.

Sistem aplikasi yang  dibuat  agar  dapat  membantu  mempercepat  proses  penyelesaian pekerjaan. Pada proses penjualan, pembuatan nota sudah otomatis, sehingga tidak perlu  ditulis  pada  buku.  Pengecekan  hasil penjualan   dapat  diketahui  dengan  cepat tanpa harus mengecek satu per satu. Dengan demikian sistem dapat meningkatkan kinerja RM. Pak Gendut II.

1.2              Identifikasi Masalah

Berdasrkan  latar belakang  diatas , masalah yang penulis temukan adalah :
1. kondisi  pelayana dalam melakukan teransaksi masi di lakukan secara manual ?
1.3        Rumusan Masalah
Berdasarkan  latar  belakang  masalah  tersebut  di  atas  maka  dapat dirumuskan:

1.     Bagaimana Rancangan Tampilan Sistem Aplikasi Penjualan Di RM. Pak Gendut II.
2.     Bagaimana Racangan Pengebangan Sitem Yang Di Gunakan ?

1.4       Tujuan Penelitian


Tujuan dari metode  penelitian ini adalah:
Membuat Tampilan rancangan  Aplikasi penjualan maknan pada RM. Pak Gendut II.

1.5          Manfaat Penelitian


Manfaat dari penyusunan metode penelitian  ini adalah sebagai berikut:
Sistem  informasi  penjualan  makanan  ini  diharapkan  mempermudah
peroses penjualan , serta mempermudah pembuatan laporan penjualan  ,
serta dapat mengubah sistem manual menjadi komputerisasi .

 

1.5          Kerangka Pemikiran

 

Problem
Transaksi di lakukan secara manual



Approach
Menggunakan netbeans  IDE  7.2



Softwere Development
UML Specification &design
Java  Enterprise Edition
MySql SQL  (Structrued  Query Language)

 
Softwere Impementation
Penginputan transaksi penjualan
Penyimpanan data ke data base
Laporan transakasi penjualan

 

Result
Sistem aplikasi penjualan pada RM. PAK GENDUT II  terbukti mendukung peroses transaksi penjualan

 

 

 

 

Dari kerangka pemikiran tersebut dapa t diuraikan demi proses dengan rincian sebagai berikut :
1.      Permasalahan ( Problem ), permasalah yang diteliti adalah sistem aplikasi penjualan yang ada pada RM. PAK GENDUT II masih kurang efektif, karna transaksi penjualannya masih manual.
2.      Pendekatan ( Approach ), pendekatan yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan netbeans IDE 7.2.
3.      Pengembangan aplikasi ( Software Development ), digunakan sebagai alat bantu untuk membuat aplikasi yang dapat meningkatkan kinerja dari aplikasi penjualan makanan.
4.      Implementasi ( Implementation ), untuk mengimplementasikan aplikasi yang sudah dibuat kepada sistem penjualan makanan.
5.      Hasil ( Result ), untuk melihat hasil akhir rangkaian proses penelitian dan tujuan akhir yang dicapai yaitu untuk membantu meningkatkan aktivitas transaksi penjualan

 

BAB IV
ANALISA DAN PEMBAHASAN


4.1 Sejarah singakat  Rumah Makan Pak Gendut II
            Rumah Makan Pak Gendut II terletak di bandar lampung yang memiliiki sistem penjualan masih manual dalam melakukan transaksi penjualan. Dalam hal ini peneliti ingin melakukan analisa dan rancangan dalam melakukan transaksi penjualan pada Rumah makan Pak Gendut II yang masih menggunakan sistem manual dan peneliti ingin melakukan transaksi secara komputerisasi
4.2 Analisa
            Berdasarkan data-data yang di di dapat dalam penelitian ini , maka di peroleh beberapa tampilan sistem/softwere yang di buat oleh peneliti untuk di racang ke depanya .
1.      Tampilan Transaksi Penjualan Pada Menu Makan.

 
2.      Tampilan Transaksi Penjualan Pada Menu Minuman.

3. Laporan Pada Trasaksi Pada Makanan dan minuman




























Tidak ada komentar:

Posting Komentar