Sabtu, 13 Februari 2016

Contoh Perangkat yang Menggunakan Teknologi Bluetooth


Contoh Perangkat yang Menggunakan Teknologi Bluetooth
Handphone
Sekarang ini mobile telah dilengkapi fitur fitur dari bluetooth, jika di pasang dalam mode trushed devices, maka jika ada pengiriman data pengguna harus memilih “data diterima” atau sebaliknya.
Fitur yang lain adalah Prosedur autorisasi dan autentifikasi berguna untuk membatasi penggunaan blurtooth. Atau hanya melakukan pertukaran data dengan User yang terpercaya.

Gambar 4 . Handphone dengan Fasilitas Bluetooth

E. Keunggulan dan Kelemahan Bluetooth
Keunggulan
–          Penggunaan Bluetooth tanpa menggunakan kabel, sehingga tidak membuat sulit dalm pemakaiannya. Seandainya memerlukan kabel dan kawat, maka akan repot dalam penggunaan jarak jauh.
–          Penyesuain database antara handphone dan komputer dapat dilakukan Bluetooth. Teknologi semacam ini pada Infrared belum ada.
–          Bluetooth dapat menembus dinding, sehingga tak mengganggu mobilitas pengguna. Bandingkan dengan Infrared yang harus berada pada jarak yang sangat dekat untuk menggunakannya.
–          Sudah banyak alat-alat yang menggunakan teknologi Bluetooth.


Gambar 5 . Perangkat elektronik  yang Menggunakan Bluetooth
Kekurangan
–          Bila dalam suatu ruangan para pengguna Bluetooth mengaktifkan perangkatnya, maka kita akan kesulitan untuk memilah dan mencari orang yang akan kta kirimi data.
–          Menjadi perantara penyebaran virus. Saat ini perantara virus banyak menyebar melalui teknologi Bluetooth ini karena fitur keamanan yang sangat minim.
–          Banyak tahapan-tahapan keamanan agar data yang kita kirim dapat sampai dengan tuntas tanpa terjadi disconnect.
–          Bluetooth menggunakan system aplikasi standar yang sama dengan LAN.

F. Teknologi Bluetooth ke Depannya
Dengan semakin berkembang pesatnya zaman, tak menutup kemungkinan teknologi Bluetooth juga semakin meningkat. Saat ini saja sudah banyak peralatan yang menggunakan Bluetooth ini. Seperti ponsel yang saat ini beredar sebagian besar memiliki fasilitas Bluetooth. Pengsinkronan peralayan elektronik dengan Bluetooth juga semakin banyak, seperti laptop, PDA, printer, kamera digital, handphone dan masih banyak lagi.


Gambar 6 . Pengintegerasian Bluetooth dengan gadget yang ada
G. Kesimpulan
Bluetooth sangat penting dalam mekanisme pengiriman data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Bluetooth beroperasi dalam dalam pita frekuensi 2,4 GHz (antara 2.402 GHz sampai 2.480 GHz) serta dapat menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host to host bluetooth dan memiliki jarak jangkauan yang terbatas. Banyak keuntungan yang didapat dari penggunaan teknologi Bluetooth. Antara lain mudah penggunaannya, nirkabel, mudah tersinkronisasi dengan perangkat yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar